Salurkan Bantuan Perumahan Swadaya, Pemerintahan Desa Cibeusi Wujudkan 3 unit Rumah Layak Huni | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Salurkan Bantuan Perumahan Swadaya, Pemerintahan Desa Cibeusi Wujudkan 3 unit Rumah Layak Huni


isbroad.com, Sumedang-Pemerintah Desa Cibeusi laksanakan giat perbaikan Rumah Tidak layak huni (RLTH). Dengan Wujudkan 3 unit Rumah Layak Huni sebagai upaya lanjutkan pembangunan infrastrukur perumahan melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Kamis (16/11/2023).
 
Sekretaris Desa Cibeusi,Wawan  menerangkan  melalui Program BSPS ini pemerintah ingin meningkatkan kualitas rumah masyarakat dari yang sebelumnya tidak layak huni, menjadi layak huni. Selain memenuhi syarat konstruksi bangunan yang baik, rumah yang dibangun juga harus menjadi rumah yang sehat bagi para penghuninya.

"Program BSPS ini menunjukkan kehadiran pemerintah dalam membantu masyarakat supaya bisa memiliki hunian layak dengan dana stimulan yang disalurkan Kementerian PUPR." ujar Wawan.

Pada tahun 2023, Tercatat, jumlah RTLH yang mendapatkan bantuan Program BSPS Desa Cibeusi sebanyak 3 unit. Dengan lokasi penyaluran Program BSPS tersebar di 3 Wilayah RW.  Antara lain, RW 14 Dusun Sadang, RW 3 Dusun Sukajadi ,  dan RW 1 Dusun Cibeusi.

Kepala Desa Cibeusi Jajang menyatakan Pemerintah Desa Juga menyalurkan bantuan untuk pembelian Dana Bangunan dan Upah tukang. 

"Pemerintah Desa menyalurkan bantuan berupa dana stimulan sebesar Rp20 juta kepada masyarakat penerima bantuan. Dana tersebut bisa digunakan untuk pembelian bahan bangunan sebesar Rp17,5 juta dan upah tukang Rp2,5 juta." Terang Jajang. 

Salah satu lokasi yang menjadi sasaran Program BSPS di Desa Cibeusi, Jatinanor Sumedang, adalah Desa Cibeusi. Tercatat, sebanyak 3 Kepala Keluarga (KK) telah mendapatkan Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya (PKRS) pada Tahap 1.

Pada Rabu 4 Oktober 2023 lalu, Pemerintah Desa  telah melakukan pemasangan peneng sebagai tanda selesainya konstruksi Program BSPS. Pemerintah Desa berharap, pelaksanaan Program BSPS di lokasi lainnya dapat mencontoh pelaksanaan di Dusun Cibeusi karena selesai tepat waktu dan hasil konstruksinya juga bagus.

"Kami bangga dengan dukungan dari Kepala Desa, peran aktif penerima bantuan, ketua kelompok dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) serta para pegawai dari Pemerintah Desa karena mampu berkomitmen untuk menyelesaikan Program BSPS tepat waktu."

kata Bakhtiar yang didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Desa  Erpika Ansela Surira dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya dan Rumah Umum dan Komersial (RUK).

Kepala Desa Jajang menambahkan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung penyaluran program BSPS dari Kementerian PUPR. Dan berharap, program BSPS ini dapat dilanjutkan ke depannya. Terlebih, berdasarkan data yang tercatat masih banyak masyarakat di dusun Sukajadi yang belum memiliki rumah layak huni.

"Kami bersyukur bisa mendapatkan bantuan ini dan kami harap Program BSPS dapat dilanjutkan karena banyak masyarakat kami yang hidup di bawah garis kemisikinan dan sangat membutuhkan rumah layak huni." terangnya.

Salah seorang masyarakat penerima manfaat di Dusun Cibeusi, Didih juga menyampaikan bahwa masyarakat sangat mendukung pelaksanaan Program BSPS.

"Kami warga Dusun Cibeusi  mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian PUPR yang sudah memberikan bantuan BSPS. Sehingga kini kami punya rumah layak huni. Kami saling bergotong royong sehingga pembangunnya dapat selesai tepat waktu." ujar Didih. 

Reporter : Angga Rizinida Fauzano 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo